Flyboarding

Rasakan Sensasi Melayang Seperti Iron Man di Atas Air

Posted on

Pernah lihat iklan rokok yang ada di televisi? Di iklan itu nampak suatu sungai dengan air biru, juga beberapa orang yang seru melaksanakan olahraga air. Mereka terlihat “terbang” dan bermanuver tidak menyentuh permukaan air dengan suatu alat yang menyemburkan air tekanan tinggi. Bila kamu penasaran dengan olahraga itu, itulah yang diketahui dengan sebutan flyboarding, generasi anyar water-sport yang mulai diminati di Tanah Air. So, apasih flyboarding? Olahraga air satu ini adalah fusion dari jet ski + jet pack yang tercipta melalui kejeniusan Franky Zapata, atlet jet ski professional berkebangsaan Perancis. Alat yang nempel di kaki menghasilkan tekanan dari semburan air melalui selang yang disambungkan kepada turbin jet ski. Dari sisi teknis, konsepnya sama alat jetlev tapi lebih simpel. Pemakai tinggal memasukkan kakinya kedalam “sepatu” khusus yang sudah menempel di nozzle, dan mengencangkan tali pengaman pada tubuhnya.

Setelah seluruh peralatan lengkap dipasang, siap-siap terbang lalu melayang ala Iron Man. Perbedaannya, yang ini cuma bisa dilakukan diatas air. Kamu pun bakal mendapat sensasi baru merasakan olahraga air dan melaksanakan aksi-aksi akrobatik. Gimana dengan tingkat kesulitannya? Jangan kuatir, bermain flyboarding tak sesulit kelihatannya, meskipun manuver-manuver yang dilakoni talent di iklan televisi itu tampak spektakuler. Bagi amatir, yang penting ialah keseimbangan. Jadi saat kamu baru mencoba flyboarding, berlatih keseimbangan adalah yang penting. Ada tool khusus yang dipasang pada bagian tangan. Alat ini punya tuas yang berguna seperti rem yang bertindak membuka dan menutup tekanan air. Secara fungsinya itu, kamu bisa atur besarnya tekanan air, dan jadi penyeimbang yang dapat diandalkan. Bila sudah terbiasa, kamu tidak perlu lagi memakai alat ini.

Setelah terbiasa, bermacam-macam manuver bisa kamu perbuat; berputar-putar di udara, menyelam kemudian nongol lagi semisal lumba, dan masih ada banyak manuver lainnya. Kekuatan dorongan air dengan mesin flyboarding ini dapat mengangkatmu hingga ketinggian 10 m. Seru bukan? Kekuatan dorongan air ini pun bergantung pada kekuatan jet ski yang dipakai. Jet ski itu harus setidaknya memiliki kekuatan 150 horse power hingga bisa mengangkat si flyboarder.

Memang, kali ini olahraga yang semakin populer ini belum dapat ditemukan di banyak lokasi di Indonesia. Bila kamu hendak mencoba flyboarding, ada 2 opsi wisata yang bisa diakses. Tempat pertama adalah Makassar. Kota inilah yang awal mencicipi pengalaman olahraga air sangat hits di Amerika ini. Disamping di Makassar, Bali pun menjadi tempat dimana kamu dapat jajal flyboarding, lebih tepatnya di wilayah Tanjung Benoa & Nusa Lembongan. Belakangan ini Lombok alias tepatnya Gili Trawangan pun menjadi tempat olahraga flyboarding.

Lalu berapakah kocek yang musti dirogoh tuk merasakan sensasi melayang layaknya Tony Stark ini? Di Tanjung Benoa, wilayah yang emang populer menjadi lokasi watersport, operator memberikan kisaran harga kira-kira 700.000 sampai 800.000 rupiah per-orang tuk main flyboarding selama 20 menit. Tidak hanya flyboarding, disini kamu pun bisa main jet ski, parasailing, banana boat, flying fish, sea walking, dan lain-lain. Sementara, operator di Nusa Lembongan mempromosikan kisaran harga 1.750.000 per orang. Pilihan lain di Gili Trawangan, yang menentukan harga Rp 975.000/15 menit. Semua harga telah termasuk instruktur profesional dan perlengkapan. Lalu apa ada syarat khusus tuk bisa main flyboarding? Semacam seluruh olahraga air, memang berada persyaratan khusus, namun jangan khawatir sebab syaratnya tak sulit. Kamu cuma perlu tubuh sehat, berusia min 16 tahun, punya berat badan 45-95 kg, tak punya riwayat penyakit jantung dan memberitahu instruktur saat punya riwayat asma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *